Hosting Unlimited Indonesia

Sejarah Internet

 


Di zaman ini, kita sudah begitu akrab dengan internet. Berkat hape pintar, saat ini siapa pun bisa mengakses internet, di mana pun mereka berada. Singkatnya, internet bukan lagi sesuatu yang asing bagi warga dunia di abad ini. 

Melalui internet kita bisa mengirim pesan ke tempat-tempat yang jauh dalam hitungan detik tanpa perlu menghabiskan biaya besar. Melalui internet kita bisa membaca berita-berita luar negeri dalam sekejap.

Bagi para pedagang, internet bisa digunakan untuk menjual barang-barang mereka secara online. Demikian pula bagi mereka yang hobi belanja pun dapat menekan tombol-tombol di hape dan lalu pesanan dari luar pulau pun mendarat ke kamar masing-masing. Semuanya karena internet. 

Itu dari sisi positif. Dari sisi negatif, internet juga kerap digunakan untuk bermain judi online dan bahkan tindakan kejahatan. 

[Lazada Program] Driver Kartu Jaringan Nirkabel Mini 150Mbps, Penerima Jaringan USB Kartu Komputer Eksternal Nirkabel G4T5
Rp. 48.300


Tapi tahukah kita sejarah internet?

Dalam artikel ini, saya akan menyajikan informasi singkat tentang sejarah internet yang saya kutip dan ramu ulang dari artikel Evan Andrews.

Sejarah Internet 

Internet bukan karya satu orang, tapi ia adalah karya lusinan ilmuwan, pemrogram, dan insinyur perintis yang masing-masing mengembangkan fitur dan teknologi baru yang akhirnya bergabung menjadi "jalan raya informasi super" yang kita kenal sekarang dengan istilah internet. 

Jauh sebelum teknologi benar-benar ada untuk bisa membangun internet, banyak ilmuwan telah mengupayakan keberadaan jaringan informasi di seluruh dunia.

Nikola Tesla telah memperkenalkan gagasan tentang "sistem nirkabel dunia" di awal 1900-an, dan pemikir visioner seperti Paul Otlet dan Vannevar Bush telah memahami sistem penyimpanan buku dan media yang dapat ditelusuri secara mekanis pada tahun 1930-an dan 1940-an.

Pada 1960-an, J.C.R. Licklider mempopulerkan gagasan "Jaringan Antargalaksi" komputer. Tak lama kemudian, ilmuwan komputer lainnya mengembangkan konsep "packet switching", sebuah metode untuk mentransmisikan data elektronik secara efektif yang kemudian menjadi salah satu blok bangunan utama internet.

Prototipe internet pertama yang bisa diterapkan muncul pada akhir 1960-an dengan penciptaan ARPANET, atau Jaringan Agensi Proyek Penelitian Lanjutan.

Awalnya proyek ini didanai oleh Departemen Pertahanan A.S., ARPANET menggunakan pengalihan paket untuk memungkinkan banyak komputer berkomunikasi di satu jaringan.

Pada tanggal 29 Oktober 1969, ARPAnet menyampaikan pesan pertamanya: komunikasi "node-to-node" dari satu komputer ke komputer lain (komputer pertama terletak di laboratorium penelitian di UCLA dan yang kedua di Stanford; masing-masing berukuran sebesar rumah kecil).

Pesan— “LOGIN”, meskipun pendek dan sederhana, tetapi tetap saja merusak jaringan ARPA yang masih muda. Saat itu komputer Stanford hanya mampu menerima dua huruf pertama catatan itu.

Teknologi ini terus berkembang pada tahun 1970-an setelah ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf mengembangkan Transmission Control Protocol and Internet Protocol, atau TCP / IP, model komunikasi yang menetapkan standar bagaimana data dapat ditransmisikan antara beberapa jaringan.

[Lazada Program] 【Palm Life Pemancar Penerima Bluetooth 5.0, Adapter Mobil Bluetooth Audio Bebas TV Komputer 2-In-1 Penerima Bluetooth Panggilan Genggam C3W0
Rp. 62.700


ARPANET kemudian mengadopsi TCP / IP pada tanggal 1 Januari 1983, dan dari sana para peneliti mulai merakit “jaringan” yang menjadi Internet modern.

Dunia online kemudian mengambil bentuk yang lebih dikenal pada tahun 1990, ketika ilmuwan komputer Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web.

Meskipun sering disalahartikan dengan internet itu sendiri, web sebenarnya hanyalah cara paling umum untuk mengakses data secara online dalam bentuk situs web dan hyperlink.

Web membantu mempopulerkan internet di kalangan publik, dan berfungsi sebagai langkah penting dalam mengembangkan segudang informasi yang sekarang diakses oleh sebagian besar kita setiap hari.

Bagaimana? Sudah tahu sejarah internet? 

Semoga bermanfaat.


Sumber: History

Ilustrasi: Informationq



Sejarah Internet Sejarah Internet Reviewed by Khairil Miswar on 10:19 PM Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.