Hosting Unlimited Indonesia

Siapa Penemu Email?


Sebagai pengguna internet, kita pasti tidak asing dengan istilah email. Melalui email, kita bisa mengirim berita dan foto ke berbagai belahan dunia dalam waktu yang cepat. 

Email adalah salah satu media internet yang telah berhasil memangkas jarak dan waktu, sehingga kita tidak perlu lagi membuang waktu dan pergi jauh-jauh hanya untuk berkirim kabar. 

Tapi, tahukah kita siapa pembuat email pertama? 

Ada dua nama yang diajukan untuk menjawab pertanyaan ini. Ray Tomlinson atau Shiva Ayyadurai? 

Dalam tulisan ini kita akan mengulas secara singkat tentang siapa yang membuat email pertama kali. 

Tulisan ini saya kutip dan ramu ulang dari artikel Amar Shekhar

Ray Tomlinson: Orang yang menemukan email?

Ray Tomlinson mendapat pujian karena menciptakan Email. Ray Tomlinson adalah seorang programmer komputer Amerika yang pertama kali menerapkan sistem email pada sistem ARPANET. Saat itu sistem internet belum berkembang dan sistem ARPANET hanyalah pendahulu dari sistem internet.

Sebelum sistem email yang tepat ditemukan, saat itu orang biasanya hanya bisa mengirim email kepada orang lain yang menggunakan komputer yang sama.

Namun, Ray Tomlinson mendapat pujian karena berhasil menerapkan tanda @ sehingga dia dapat memisahkan nama pengguna dari nama mesin mereka.

Sebuah perubahan yang kita ikuti hingga saat ini dan sesuatu yang membawa revolusi lengkap di bidang sistem email telah menjadikan dia sebagai penemu email.

Namun, dia sendiri bersikeras bahwa itu tidak benar.

Sebaliknya, dia mengaitkan pertumbuhan dan keberhasilan email dengan banyak orang yang bekerja untuk membuat alat yang kita semua gunakan saat ini.

Evolusi Email dari Sistem Transfer File

Ray Tomlinson pertama kali mengembangkan sistem operasi TENEX yang mencakup program kontrol jaringan ARPANET dan implementasi telnet.

Sebelum penerapan sistem email, Ray menulis program transfer file yang disebut CPYNET untuk mentransfer file melalui jaringan ARPANET. Kemudian dia memodifikasi program yang sama untuk menambahkan pengguna di komputer yang sama yang kemudian mendefinisikan sistem email pertama.

Email Ray Tomlinson

Ray Tomlinson memodifikasi program surat elektronik awal yang disebut SNDMSG dan menggunakan program tersebut untuk mengirim pesan melalui komputer yang terhubung melalui ARPANET.

Dia dan yang lainnya juga menentukan standar untuk header email (RFC 561).

Namun, perlu dicatat bahwa email Ray Tomlinson tidak dapat mengirim email ke jaringan yang berbeda.

Emailnya hanya sebatas JARINGAN YANG SAMA. Misalnya, jika kita ingin mengirim email ke berbagai universitas di Indonesia, katakanlah, antara UGM dan UIN Ar-Raniry - itu tidak mungkin menggunakan email Ray.

Namun hal itu tidak menafikan posisi Ray sebagai pelopor Email. Simbol @ adalah cara untuk menentukan pengguna dan komputer mana yang akan dikirimi email. Ide dan implementasinya dalam menyapa pengguna menggunakan simbol @ tidak dapat disangkal dan itu patut diapresiasi.


[Lazada Program] Greo Mouse Komputer USB Nirkabel, Mouse Ergonomik Senyap, 2000 Laptop PC Tanpa Mouse Mouse untuk DPI, dan Optikal Suara Y1T2
Rp. 79.800



Email Shiva Ayyadurai

Jika kita melihat sekilas beberapa karya oleh Shiva maka Email adalah salah satu hal yang tidak dapat diabaikan.

Seberapa Beda Email Shiva Ayyadurai dengan Email Ray Tomlinson? 

Shiva menulis program perangkat lunak email ini untuk Universitas Kedokteran dan Kedokteran Gigi New Jersey (UMDNJ) pada tahun 1978. Sistem email yang baik dan layak yang memungkinkan staf universitas untuk mengirim pesan elektronik. Kemudian pada tahun 1981, ia mendaftarkan hak cipta atas program yang disebut EMAIL ini.

Jika kita melihat kembali konsepsi tersebut maka itu adalah perluasan dan peningkatan sistem Email Shiva yang saat ini kita gunakan.

Dia mengklaim bahwa dialah yang memperkenalkan pemformatan yang tepat ke email seperti To, From, CC, BCC, Subject, Body, Attachments, dan Others.

Namun dikabarkan bahwa Ray Tomlinson juga memiliki sebagian besar menu yang diperlukan untuk menyampaikan pesan seperti ke, cc, dari dll. Tetapi Shiva, yang menciptakan kata EMAIL dan menggunakan istilah tajuk tersebut tanpa mengetahui pekerjaan sebelumnya.

Jika kita mempertimbangkan fakta dan sejarah, Email datang dan berkembang atas karya banyak orang (banyak dari mereka bahkan sebelum Ayyadurai).

Kita dapat melihat RFC 733 dari tahun 1977 - yang diterbitkan sebelum Shiva mulai bekerja di Universitas - telah menyebutkan semua fitur email yang kemudian dikembangkan oleh Shiva.

Jadi, Siapa yang Menciptakan Email?

Shiva menyebut kontroversi ini sebagai produk rasisme. Dia berkata, “Jika orang Indian melakukan pengkodean perangkat lunak yang hebat, Alih Daya atau merupakan pimpinan Microsoft, itu bagus. Tetapi orang Indian tidak bisa menjadi inovator. Saya dicap sebagai penipu."

Namun, ia lupa bahwa Tomlinson secara aktif terlibat dalam menetapkan standar email sebelumnya pada tahun 1973, lima tahun sebelum Ayyadurai.

Berikut adalah referensi RFC 561, di mana dia dan orang lain telah menetapkan standar untuk header email.

Fakta menarik lainnya - Dalam dokumen RFC 561 ini disebut 'Standardizing Network Mail.

Headers, bersama dengan nama Ray, Anda akan menemukan nama seorang Indian Abhay Bhushan.

Apapun masalahnya, Jika Ray Tomlinson mendefinisikan istilah dan standar, Shiva mengklaim memberikan wajah, bentuk, dan tubuh pada email.

Jadi, apa kesimpulannya? 

Email ditemukan oleh Ray dan kemudian dikembangkan oleh Shiva. Saya kira ini kesimpulan yang adil. 

Sumber: Fossbytes

Siapa Penemu Email? Siapa Penemu Email? Reviewed by Khairil Miswar on 10:23 PM Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.